Vania Florensia

Bits of me here and there.

Tuesday, 5 December 2017

Weekly Memento: The Essence of Travelling


Hi!
Harusnya ini di-post tiap akhir minggu, tapi karena gue baru sampe Manchester hari Senin dan tepar setepar-teparnya, dan ini masih awal minggu, maka maafkan.
I just came back from the most postponed trip of the year, aka udah berkali kali janji sampe akhirnya berhasil berangkat di janji ke empat. Gue kemaren pergi ke Dusseldorf dan sekitarnya, atau sering disebut daerah Nordrhein-Westfalen (NRW) di Jerman. Bahasanya, provinsi NRW lah. Kenapa pergi kesana? Karena disana ada mantan bos gue selama berorganisasi di tahun terakhir kuliah, and he seriously saved me from misery on the last year of college. If it wasn't for him randomly recruiting me (seriously, we didn't even talk on the previous year), college life wouldn't be as much fun as I had on the last year. So, the least thing I could do was to pack my bags and flew myself there.
I used to enjoy travelling. I mean, I still am, but something is different as time flies. I had a very tiring journey in the last winter that forever changed my view on travelling. 18 hari hidup di jalanan, dari satu kasur ke kasur lain, makan ga jelas, kedinginan, traumatis enough buat gue. Sejak saat itu, pergi lebih dari 4 hari udah cukup bikin gue gatel pengen pulang. Sebisa mungkin kalo pergi keluar kota, lebih baik gue pergi jam 6 pagi dan pulang jam 12 malam, daripada harus nginep.
Tapi yang paling berubah mungkin esensi travelling buat gue. I don't know why, tapi mengejar tourist attraction udah turun jauh dalam skala prioritas gue dalam travelling. The places would still be there anyway. Buat gue, travelling sekarang adalah ketika lo bisa bersenang-senang sama partner travelling lo. Gue justru paling suka nyasar kalo travelling. Atau ketinggalan tram. Asal jangan ketinggalan kereta kalo pindah ke kota lain, itu peer luar biasa. Gue lebih suka ngalor ngidul ngiterin Christmas Market daripada harus loncat loncat ngunjungin tourist attraction, terus foto, terus udah. I mean, ada kan orang orang yang penting foto supaya bisa di-post di Instagram. I admit I used to be that person. Dan... I don't know, but I grew tired of it. I once had a trip, and when I came back and checked my memory card, I was surprised at myself for not taking any landscape picture, and realised I did not fly across the damn ocean just to take pictures of me in front of a place with a blurry background. It was supposed to be more than that.
It was supposed to be getting lost in a new place. It was supposed to be admiring simple things in unfamiliar neighborhood. It was supposed to be trying guess the food menu cause you did not understand a single thing.  It was supposed to be opening Google Maps everywhere you go and still ended up somewhere you did not plan. It was supposed to be randomly buying things just because you want to bring something home. It was supposed to be running at the station like crazy cause you almost missed the bus. It was supposed to be disappointed cause the place did not live to your expectation, but it was still fine because you have your friends.
It was supposed to be sharing food with them cause you are broke and could only afford one, or too many choices available and you want to try it all. It was supposed to be counting the debt at the end of the day on who owes who and how much. It was supposed to be playing Charades while waiting the train, and making stupid noises, cause you know, Charades. It was supposed to be mad on the alarm that did not stop ringing but not coming from your phone. It was supposed to be sitting on the top on their luggage while they are trying to put it together cause they bring too much. It was supposed to be exchanging outers so your photos looked different from day to day eventhough you only bring one jacket.
It was supposed to be more than just taking photos for Instagram.
Monday, 27 November 2017

Pain



If you are in pain, remember this,
this is the same pain your friends went through, and they survived,
this is the same pain your parents had to endure during their youth days, and probably still,
this is the same pain your little sister cried about, and came in the morning with puffy eyes,
this is the same pain your older brother put aside, and acted like he was fine,
this is the same pain someone you pass by in the street tried to shake off, and yet still gave you smile,
this is the same pain your favorite singer sung about in their songs, and you memorized the lyrics cause you know how it feels,
this is the same pain someone next to you in the mosque prayed for strength, and they still carried on with their days,
and remember,
this is the same pain that you caused for someone, and they will never forget.
Monday, 20 November 2017

Kitchen War: Kolak Pisang 3 Ingredients

Buat gue, kolak pisang itu comfort food, aside from ayam kecap, sop ayam, dan udang saos mentega. Kolak pisang bukan cuma sekedar puasa, tapi bisa literally tiap minggu dibuat di rumah. So imagine, ketika gue pindah ke Manchester, skill masak literally mendekati 0, bedain pisang aja ga bisa (sampe sekarang masih ga bisa sih but well), ga ada gula merah, gue absen makan kolak pisang hampir setengah tahun, sampe akhirnya puasa tiba. Gue. Ga. Kuat. Gue butuh kolak pisang.
Jadi dimulailah pencarian gue akan pisang di segala penjuru kota Manchester ini. Gue pernah nemu pisang, yang gue gatau apa jenisnya, tapi pas gue goreng, meleleh. MELELEH. Ini mentega apa pisang gue juga bingung. Tapi yang namanya disayang Allah, ternyata di city center ada yang jual pisang tanduk. Sedeket itu ternyata tapi gue ga pernah tau. Emang yang namanya jodoh ga pernah kemana. Gula merah gue impor langsung dari Jakarta, tapi ternyata di toko Asia sekitar ada yang jual, meskipun ga sehitam punya Indonesia. Ketika gue bilang ini bahannya cuma tiga, percayalah, gue ga becanda. Gue yang ada di benua lain dengan akses terbatas aja bisa bikin, apalagi kalian yang di Indonesia. So, here's the recipe:

Kolak Pisang 3 Bahan ala Keluarga Adi Suardi (karena resep ini turun dari emak gue, I guess)

Serving: 3 kali makan (gue ga bilang berapa orang, gue bilang 3 kali makan ya) (karena gue makan ini sendirian)
Lama Penyajian: 15 menit (iya, gue bikin ini jam setengah 12 malem, cuma butuh 15 menit)

Bahan:
2 buah pisang tanduk/plantain 
(sebenernya gue tau ada pisang lain yang lebih enak buat kolak, tapi gue lupa namanya apa, mungkin pisang Bangka) (jangan pake pisang Sunpride!!!) (gatau sih jujur kalo pisang Sunpride bakal jadi gimana tapi jangan deh)
1 bongkah gula merah 
(ini masalah kita, ga pernah ada satuan internasional sebesar apakah 1 bongkah gula merah itu, tapi sementara 1 bongkah dulu aja, entar pas lo cicipin baru tentuin udah cukup apa perlu ditambah)
400 ml santan
(kalo lo tinggal di luar negeri dan santannya kalengan, udah, masukin aja semua sekaleng kaleng itu) (kalo lo tinggal di Indonesia dan santannya Kara, cairin, tapi jangan sampe secair air, soalnya itu bakal jadi kekentalan kuah, kecuali lo emang pengen kuahnya secair air) (kalo lo pake santan peres... gatau gue ga pernah nyoba bye)

Penyajian:
1. Iris-iris gula merah sampe jadi kayak tipis gitu, udah ga bentuk bongkahan lagi ya, macem ngiris bawang lah. Abis itu, panasin gulanya di dalem panci pake api sedang sampe meleleh. Kalo ga meleleh-meleleh, tambahin air dikiiiiit aja, cem cem 1-2 sendok makan, yang penting basah. Kalo ga meleleh-meleleh, ya gedein aja lah dikit apinya tapi jangan sampe gosong.
2. Sambil nunggu gulanya meleleh, potong-potong pisang. Jangan lupa kulitnya dibuang di tempat sampah, bukan di jalanan. Terserah pisangnya mau setebel apa, potong lurus atau pendek, bebas. Mau lo ukir juga bebas. Makin kecil potongannya, ya makin banyak juga piecesnya (kalo lo kikir terus ada temen yang mau minta, makin kecil potongan makin banyak yang bisa dibagi, keliatannya aja banyak padahal kali setengah pisang juga ga sampe). Gue ya biasanya normal normal aja ketebelannya, ga setipis kertas, tapi ga setebel pisang goreng abang abang juga. Bebas lah.
3. Pas gulanya udah meleleh, masukin pisangnya ke dalam panci. Iya, ga pake air atau santan dulu. Kayak ngegoreng pisanganya pake gula gitu lho. Biarin kayak gitu sampe pisangnya berubah jadi agak coklat karena ketempelan gula, atau sampe ada wangi pisang kegoreng gitu. Makin lama makin baik sih sebenernya, tapi kalo laper ya dipersingkat juga gapapa. Apinya jangan gede gede banget ya.


4. Kalo pisangnya udah "mateng", baru deh, masukin santan. Udah. Kelar.
5. Ga deng, ya biarin aja sampe agak mendidih. Apinya jangan kegedean ya, nanti santannya pecah. Abis santannya udah panas agak mendidih, baru cicipin lagi, kira kira butuh gula lagi apa nggak. Kalo butuh, kecilin apinya dikit, terus masukin gula merah lagi.


6. Selesai!

Ini gue tambahin kolang kaling, setelah akhirnya restock di toko Asia langganan

Maafin ya resepnya rasanya banyak tulisan ga penting. Kabarin ya kalo nyobain bikin! :*
Monday, 13 November 2017

In Between



In between blossoming petals and spring breezes,
I found you laying on the grass with eyes closed,
I wished for the sun to set longer.

In between corner stops and brick sidewalks,
I saw you waving at me with the tired smile,
I craved for luck to be in my favor.

In between fountain splashes and light beams,
I noticed you staring at the emitted laughter,
I yearned for our life to be that easy.

In between cigarette smokes and billiard balls,
I spotted you standing still with hands on the table,
I longed for time to stay still.

In between freezing nights and dimming stars,
I felt your warmth next to me,
I hoped for morning to come late.

In between tacky riddles and messy puzzles,
I stared at you cracking codes,
I dreamed for never ending adventures.

In between grey clouds and rain drops,
I looked at you,
and for once, I wanted nothing.